Setelah sudah 12 tahun menitih pendidikan di sekolah, akhirnya kita masuk ke dalam fase perkuliahan. Fase ini merupakan fase dimana kehidupan kita sangat ditentukan olehnya. Bagaimana tidak, jurusan yang akan kita ambil, tetu berhubungan dengan pekerjaan kita nantinya. Walau ada juga yang tidak begitu, namun sebagian banyak jurusan apa yang mereka ambil di perkuliahan, tentu berhubungan dengan pekerjaan mereka.

Seiring dengan hal tersebut, maka sangat diharuskan bagi anda yang ingin meneruskan kuliah, alangkah baiknya jika dipikirkan secara matang-matang. Dengan begitu kita bisa memilih jurusan yang sesuai dengan skill dan keinginan kita kedepannya mau jadi apa.

Selain memilih jurusan, kita juga harus memilih universitas yang tepat dan maju. Universitas yang tepat dan maju, tidak tentu didapati di universitas negeri saja, melainkan juga universitas swasta, seperti universitas swasta terbaik di Sumatra Utara yang saat ini sedang hangat diberbincangkan karena prestasinya. Selain itu universitas terbaik di Sumatra Utara  juga sedang dalam incaran banyak orang.

Sehubungan dengan hal-hal di atas, maka kami akan memberikan tips dan trik bagaimana caranya supaya kita dapat masuk ke universitas yang tepat dan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

1. Menentukan Skill Atau Tujuan Hidup

Yang dimaksud di atas adalah menentukan apa yang kita bisa dan kita inginkan untuk dijadikan bahan kkita bekerja nanti. Sebelum mencari atau menentukan besok kita akan bekerja sebagai apa atau berwirausaha apa, maka kita tentukan dulu basic kita dimana.

Contoh jika kalian sejak kecil hobi dalam menggambar, membuat sketsa atau mencoret-coret sesuatu hingga menjadi karya seni, maka bisa jadi baat kita ada di dunia seni.  Setelah kita sudah menemukan skill yang kita miliki, maka selanjutnya adalah menentukan pekerjaan apa yang akan kita geluti kelak. Dengan memilih pekerjaan apa besok yang akan kita geluti setelah kuliah, maka kita akan dapat menentukan jurusan yang akan kita ambil.

2. Memilih Jurusan Sesuai Tujuan Pekerjaan Kelak

Setelah kita sudah menentukan bakat dan minat yang kita miliki, maka selanjutnya adalah memilih jurusan yang kita inginkan. Perlu diketahui, menentukan suatu jurusan dalam perkuliahan, bagaikan memilih jodoh yang harus dipilah-pilah dan dipikirkan secara matang-matang. Karena hal tersebut akan menentukan pekerjaan apa yang akan kita lakukan setelah kuliah nanti.

Jika dilihat dari contoh di atas, maka kita bisa memilih pekerjaan sebagai guru, sebagai seniman atau pelukis, sebagai desainer, atau sebagai arsitek. Fikirkanlah hal tersebut matang-matang. Bila perlu berkonsultasilah dengan kedua orang tua, keluarga, atau bahkan seseorang yang sudah ahli di bidangnya.

Namun teradang, semakin dekat dengan kehidupan perkuliahan,maka kita akan semakin bingung dalam menentukan tujuan kita mau jadi apa dan bekerja sebagai apa. Berikut tips yang dapat kalian jadian acuan dalam menentukan jurusan dan universitas.

  • Memikirkan masa depan kita mau jadi apa dan bekerja dimana
  • Memikirkan prospek kerja dalam 5 atau sepuluh tahun lagi masih akan tetap jaya atau tidak
  • Menanyakan kepada orang yang sudah bergelut di bidangnya
  • Mencari tau melalui sosial media

3. Memilih Universitas Favorit

Dengan memilih universitas yang sesuai dengan yang kita harapkan, tentunya perkuliahan akan berjalan dengan lancar dan nyaman. Tips memilihnya adalah yang pertama apakah anaknya bisa di ikhlaskan ikut suatu perlombaan atau hanya sekedar tenda darurat.

Membuat list universitas mana saja yang kita pilih. Lihatlah akreditasi, jumlah mahasiswa, dan menentukan jarak tempuh yang akan kita lewati. Hal tersebut benar-benar perlu diperhatikan.

Seperti di ataslah tips dan trik masuk universitas yang sesuai dengan skill kita. Namun ada hal lain yang tidak kalah pentingnya yaitu belajar yang rajin dan bersungguh-sungguh, dalam meraih apa yang kita cita-citakan.