Melon merupakan tumbuhan jenis labu-labuan yang memiliki nama ilmiah cucurbitaceae. Tanaman ini memiliki buah yang manis, bertekstur lunak dan berwarna putih di bagian dalamnya. Tanaman yang berasal dari daerah Mediterania ini memiliki kandungan air dan vitamin yang tinggi.

Buah dari jenis labu-labuan ini sering dicari ketika musim panas atau pada saat bulan puasa. Hal ini dikarenakan buah ini bisa digunakan sebagai makanan pencuci mulut, atau bisa juga di potong kecil-kecil lalu dicampurkan dengan es. Kandungan air yang berlimpah di dalam buah Melon membuatnya sangat digemari ketika dijadikan es untuk melepaskan rasa haus setelah berbuka puasa.

Sekarang kamu bisa dengan mudah mencari buah ini dimana saja. Namun sebelum kamu membeli, coba perhatikan beberapa tips ini agar Melon yang kamu beli adalah melon yang manis dan matang. Berikut 5 tips dalam memilih melon yang manis dan matang.

 

Tips Memilih Melon yang Manis dan Matang.

1. Berat 

Cara yang pertama adalah dengan memperhatikan berat Melon. Karena kandungan air yang banyak didalamnya membuat buah dari jenis labu-labuan ini akan sedikit terlihat lonjong.

Angkat dua buah dengan ukuran yang sama. Kemudian bandingkan berat kedua buah tersebut. Buah yang lebih berat adalah buah yang paling matang. Semakin berat buahnya diakibatkan oleh kandungan air yang berlimpah di dalamnya.

2. Aroma

Berikutnya adalah dengan cara mencium aroma dari buah Melon tersebut. Jika buah yang kamu cium sudah beraroma harum dan kuat. Maka bisa diartikan kalau buah tersebut sudah matang.

Ini dikarenakan gas etilen yang ada pada buah tersebut. Gas etilen sendiri adalah gas yang dihasilkan oleh buah yang sudah matang. Umumnya gas etilen akan lebih tercium ketika buah sudah benar-benar matang. Untuk mendapatkan buah yang matang kamu bisa cek di tanihub.com.

3. Warna

Hal berikut yang harus kamu perhatikan ketika memilih Melon adalah warnanya. Khusus untuk buah dari jenis labu-labuan ini pilihlah yang berwarna lebih pucat atau kusam. Karena warna yang lebih mencolok atau yang lebih terlihat indah adalah buah yang belum matang. Jadi jangan sampai tertipu dengan warna yang lebih terang. Warna yang gelap menandakan buah tersebut sudah matang.

4. Bunyi 

Ketuk atau goyangkan buah Melon dan dengarkan suaranya. Jika kamu mengetuk buah tersebut dan mendengarkan suara dari buah tersebut menggema. Berarti buah itu sudah matang.

Ketika sudah mendengar suara yang menggema. Berikutnya goyangkan buah tersebut dan rasakan isinya. Biasanya buah yang sudah matang akan terasa bergoyang di dalamnya. Ini dikarenakan daging dari buah tersebut yang lembut dan berair sehingga membuatnya mudah rontok.

5. Tangkai dan Buah

Yang terakhir adalah perhatikan tangkai dan buah dari Melon. Buah yang sudah matang biasanya memiliki jaring yang mengarah ke bawah. Karena memiliki kandungan air yang berlimpah membuat jaring dari buah ini cenderung mengarah ke bawah.

Demikian 5 tips yang harus kamu perhatikan dalam memilih Melon agar mendapatkan buah yang matang dan manis. Jangan mudah tertipu dengan omongan penjualnya. Perhatikan bagian-bagian kecil dari buah agar ketika kamu membelahnya tidak merasa tertipu.

Buat kamu yang mau berbelanja bahan dapur namun tidak tahu mau berbelanja dimana. Silahkan cek tanihub.com. Di sana kamu bisa berbelanja bahan dapur hanya dengan berbaring dan mengklik lewat smartphone.

TaniHub adalah platform e-commerce B2B (business-to-business) dan B2C (business-to-consumer) untuk hasil tani, bertujuan untuk menghubungkan petani dengan berbagai jenis usaha serta end-user. TaniHub didirikan pada 2015 oleh sekelompok anak muda yang berkeinginan kuat untuk mendukung petani yang menghadapi kesulitan dalam memasarkan hasil panen mereka. Sekarang kamu dapat menemukan beragam produk kebutuhan sehari hari mulai dari sayur, buah – buahan, sembako, bumbu dapur, hingga kebutuhan untuk usaha makanan.