Ketika memulai usaha dan usaha tersebut semakin berkembang, maka suatu perusahaan memerlukan empat yang memadai untuk produknya. Semakin besar dan berkembang suatu usaha, maka produk yang dihasilkanpun juga semakin banyak pula. Maka dari itu tempat yang memadai harus  dimiliki oleh suatu perusahaan baik itu membangun sendiri atu bisa juga dengan jasa sewa gudang.

Dengan jasa sewa gudang, maka suatu perusahaan akan memiliki banya tempat atau ruang untuk hanya sekedar penyimpanan barang atau produksi suatu barang. Maka dari itu, sebelum para pengusaha memutuskan untuk menyewa suatu gudang, maka harus memperhatikan hal-hal dibawah ini.

1. Memperhatikan fungsi pemakaian

Sebelum menyewa sebuah gudang, maka kita harus memikirkan daya fungsinya terlebih dahulu. Karena tidak sema produk akan ditempatkan ditempat yang sama. Jadi hal yang paling uatama dilakukan adalah penyeuaian barang produksi dengan tempat yang akan disewa.

Jika usaha kita merupakan usaha properti maka tempatnya tida akan sama dengan tempat usaha sebuah makanan ataupun minuman. Mungkin dilihat dari segi ukuran ataupun bentuk yang berbeda. Maka dari itu awal mula kita harus menyesuaikan jenis usaha kita dengan gudang yang akan disewa terlebh dahulu.

2. Menyesuaikan ukuran dengan kebutuhan

Setelah penyesuaian fungsi gudang dengan prosuk yang kita hasilkan, maka langkah selanjutnya yaitu menyesuaian ukuran sewa gedung dengan kebutuhan usaha kita. Menyesuaikan ukuran bisa dilihat dari jenis usaha kita.

Jika usaha kita memerlukan tempat yang luas, maka kitapun harus memilih gudang yang luas ukurannya. Hal tersebut bisa terjadi jika usaha kita merupakan usaha manufactur yang harus memiliki tempat untuk barang yang belum jadi, setengah jadi, dan barang jadi.

Usaha manufactur tentunya lebih memerlukan tempat yang luas dibandingkan dengan usaha makanan ataupun minuman. Jadi penyesuaian ukuran gudang harus diperhatikan betul, supaya tidak terjadi kerugian dihari yang akan datang.

3. Memilih tempat yang strategis

Selain penyesuaian ukuran gudang dengan barang produksi, hal yang tidak kalah pentingnya yaitu memilih tempat yang trategis dengan kebutuhan usaha kita. Pemilihan tempat ini juga sangat berpengaruh pada kelancaran usaha kita.

Pemilihan tempat yang strategis bisa berupa tempat yang dekat dengan akses jalan tol, dengan bandara, atau tempat umum lainnya yang dapat menunjang penjualan produk kita. Selain itu kita juga harus bisa menyesuaikan dengan pasaran. Misal usaha kita berupa usaha baju, celana dan sejenisnya, maka tempat yang strategi sadalah tempat yang dekat dengan mall, jalan raya, dan tempat perbelanjaan lainnya.

Contoh lainnya jika usaha kita berupa usaha makanan ataupun minuman, maka tempat yang strategis adalah berada didekat cafe, dekat tempat pariwisata dan lainya yang menunjang. Dan tidak kalah pentingnya, tempat tersebut harus terhindar dari segala macam bencana terutama bencana banjir yang dapat merugikan perusahaan.

4. Menegosiasi harga

Dari sekian banyak jasa shipper sewa gudang, tentunya semakin banyak pula berbagai harga yang ditawarkan. Mulai dari yang terendah dengan akses yang tidak begitu memadai dan harga yang tertinggi dengan akses yang begitu bagus. Semua itu harus dipertimbangkan dengan sebaik-baiknya supaya tidak ada kerugian dikemudian hari.

Berbicara soal harga, sebaiknya kita jangan terlalu tergiur dengan harga yang terlalu murah. Karena setiap harga selalu menjamin baik buruknya jasa yang diberikan. Semakin bagus harga yang ditawarkan, maka semakin bagus pula jasa ataupun fasilitas yang diberikan. Tetapi hal tersebut juga tidak menutup kemungkinan jika kita jeli dalam memandingkan harga sewa gudang, maka kita juga bisa mendapatkan harga standar yang lebih murah.

5. Fasilitas dan akses yang memadai

Sebelum kita benar-benar klik dengan gudang yang akan kita sewa, alangkah baiknya jika kita menanyakan apa saja fasilitas dan akses yang diberikan kepada kita. Mulai dari pemasukan dan pengeluaran barang kita harus kita tanyakan dengan sedetail-detailnya.

Anda harus memperhatikan fasilitas yang diberikan apakah dapat menunjang kebutuhan anda atau tidak. Kebutuhan sekecil apapun harus masuk dalam pertimbangan pula contohnya sebuah parkir mobil, dan CCTV yang ada disetiap sudut gudang.